13 Aliran Sesat di Indonesia Menurut MUI

Nov 16, 2021
Kasino

Indonesia, sebagai negara dengan keragaman budaya dan kepercayaan, tidak luput dari keberadaan aliran-aliran keagamaan yang dianggap sesat. Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebagai lembaga otoritatif dalam masalah agama di Indonesia, telah mengeluarkan daftar resmi mengenai 13 aliran sesat yang perlu diwaspadai. Mari kita bahas lebih dalam mengenai aliran-aliran tersebut.

1. Aliran Sesat Ajaran Ahmadiyah

Ahmadiyah merupakan salah satu aliran sesat yang dianggap menyimpang dari ajaran Islam yang sebenarnya. Pandangan-pandangan yang diusung oleh Ahmadiyah dinilai bertentangan dengan ajaran Islam mayoritas.

2. Aliran Sesat Lia Eden

Lia Eden atau yang dikenal dengan nama aslinya Suyatni adalah pendiri kelompok aliran sesat yang memiliki keyakinan yang aneh dan mengaku sebagai utusan Tuhan.

3. Aliran Sesat Gafatar

Gafatar adalah sebuah kelompok yang dianggap sesat karena ajarannya yang dikecam oleh MUI dan dianggap membahayakan karena mengarah pada ajaran yang menyimpang.

4. Aliran Sesat LDII

LDII atau Lembaga Dakwah Islam Indonesia adalah sebuah aliran yang dianggap sesat karena ajarannya yang dianggap menyimpang dari ajaran Islam yang benar.

5. Aliran Sesat Millah Abraham

Millah Abraham adalah kelompok aliran yang dianggap sesat oleh MUI karena keyakinan mereka yang berbeda dengan ajaran agama yang ada.

6. Aliran Sesat Jemaah Islamiah

Jemaah Islamiah adalah salah satu kelompok yang dianggap sesat karena pandangannya yang radikal dan dianggap mengancam stabilitas keamanan dalam masyarakat.

7. Aliran Sesat Al-Qiyadah Islamiyah

Al-Qiyadah Islamiyah adalah kelompok yang dianggap sesat karena ajaran-ajarannya yang dianggap menyimpang dari ajaran Islam yang benar.

8. Aliran Sesat Negara Islam Indonesia

Negara Islam Indonesia adalah kelompok yang dinilai sesat karena keyakinannya yang mengabadikan tokoh-tokoh politik sebagai tuhan.

9. Aliran Sesat Hizbut Tahrir Indonesia

Hizbut Tahrir Indonesia adalah kelompok yang dianggap sesat karena ajaran-ajarannya yang dianggap merusak tatanan negara dan masyarakat.

10. Aliran Sesat Syi'ah

Syi'ah adalah sebuah aliran sesat yang dianggap menyimpang dari ajaran Islam Sunni yang mayoritas di Indonesia.

11. Aliran Sesat Pemujaan Nyi Roro Kidul

Pemujaan Nyi Roro Kidul adalah kepercayaan sesat yang dianggap menyimpang dari ajaran Islam dengan mengkultuskan makhluk gaib.

12. Aliran Sesat Pemujaan Kanjeng Ratu Kidul

Pemujaan Kanjeng Ratu Kidul adalah ajaran sesat yang mengkultuskan makhluk halus dalam ritual-ritual keagamaan.

13. Aliran Sesat Pemujaan Kanjeng Dimas Taqwa

Pemujaan Kanjeng Dimas Taqwa adalah aliran sesat yang muncul di era digital dengan keyakinan yang dianggap menyimpang dari ajaran agama resmi.

Dengan mengetahui keberadaan dan bahaya dari 13 aliran sesat menurut MUI di Indonesia, penting bagi masyarakat untuk waspada dan terus mengamati perkembangan aliran-aliran tersebut demi menjaga kesucian ajaran agama.

Selalu lakukan penelitian yang mendalam sebelum terlibat dalam suatu aliran keagamaan yang belum jelas keabsahannya. Kepastian informasi dan kebenaran ajaran agama sangatlah penting untuk dijaga agar tidak terjebak dalam aliran sesat yang dapat membahayakan.